kata kunci manajement karya ilmiah

Loading

Kamis, 05 Januari 2012

Diabetes Melitus



 Diabetes adalah penyakit metabolik kronis yang disebabkan oleh ketidakmampuan sel menggunakan glukosa, akibat kurangnya produksi atau tidak adekuatnya insulin dari sel beta pankreas. Diabetes Melitus disebut juga The Great Imitator karena penyakit ini dapat mengenai semua organ tubuh dan menimbulkan berbagai macam keluhan. Saat ini diabetes Melitus merupakan urutan ke-4 prioritas penelitian nasional untuk penyakit degenenatif (1-5).
Gejala diabetes telah digambarkan dalam literatur kedokteran sejak beberapa abad yang lalu, dan tanda-tanda keadaan mulut akibat diabetes Melitus dipaparkan sejak pertengahan tahun 1800-an. Untuk mempertahankan derajat keasaman mulut, manusia secara alami memiliki ludah yang sangat berperan bagi kesehatan mulut. Fungsinya antara lain untuk perlindungan permukaan mulut baik mukosa maupun elemen gigi geligi, pengaturan kandungan air, pencernaan makanan dan pengecapan. Perubahan sifat, jumlah, dan susunan air ludah, akan berpengaruh terhadap kesehatan mulut dan proses lain yang berhubungan dengan fungsi ludah.
Salah satu fungsi yaitu perlindungan permukaan mulut dipengaruhi oleh derajat keasaman air ludah, sehingga perubahan derajat keasaman air ludah akan berpengaruh terhadap derajat kesehatan mulut baik mukosa maupun elemen gigi-geligi.Dari penelitian terdahulu diketahui bahwa diabetes , terutama yang tidak terkontrol, meningkatkan terjadinya penyakit periodontal(6-8). Berbagai bentuk penyakit periodontal terjadi pada 75% penderita diabetes Melitus tidak terkontrol.Di samping itu terjadi pula komplikasi lain berupa gigi mudah goyah, gingivitis dengan perdarahan, pengendapan kalkulus yang cepat, xerostomia, kandidiasis, dan neuropati perifer pada mulut serta peningkatan risiko karies
http://www.ziddu.com/download/18091763/tyty.pdf.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar